MATERIAL PERTAHANAN

MATERIAL PERTAHANAN

Penulis:  

Dr. Ir. Sovian Aritonang, S.Si., M.Si.

Dr. Riri Murniati, S.Si., M.Si.

e-ISBN      : dalam proses 

Ukuran Buku: A4, ix + 103 hal

Desain Cover & Layout: Aksara Publications





Penerbit:

CV. AKSARA GLOBAL AKADEMIA

No Anggota IKAPI: 414/JBA/2021


Cetakan Pertama: Mei 2024


Harga: Rp. 75.000,-  

SINOPSIS

"Material Pertahanan" adalah panduan esensial yang menjelajahi berbagai aplikasi material dalam setting militer, menyoroti inovasi terkini dan aplikasinya yang revolusioner. Dari pengembangan armor yang lebih ringan dan kuat, hingga penciptaan komponen kendaraan dan infrastruktur yang lebih tahan lama, buku ini membuka pandangan terhadap bagaimana ilmu material mendukung kemajuan teknologi pertahanan. Setiap bab di buku ini didedikasikan untuk mempelajari satu jenis material tertentu—polimer, keramik, logam, dan komposit—menganalisis propertinya, kelebihan, kekurangan, dan potensi pengembangannya di masa depan.

Buku ini juga mendalami bagaimana perpaduan antara ilmu material dan rekayasa membawa dampak strategis dalam operasi militer, menyediakan solusi yang tidak hanya meningkatkan efektivitas tetapi juga efisiensi dalam penggunaan sumber daya. Setiap segmen dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif, didukung dengan studi kasus yang menggambarkan implementasi nyata di lapangan. Dengan pendekatan multidisiplin, pembaca akan memperoleh wawasan mendalam tentang tantangan dan peluang dalam penerapan teknologi material dalam pertahanan.

Seiring dengan kemajuan teknologi, kebutuhan akan material yang lebih canggih menjadi semakin krusial dalam menghadapi ancaman modern. "Material Pertahanan" menawarkan perspektif yang berharga tentang bagaimana penelitian dan pengembangan terus-menerus dalam ilmu material berkontribusi pada keamanan dan pertahanan global. Buku ini diharapkan menjadi sumber referensi yang berguna bagi para profesional di bidang pertahanan, peneliti, dan para mahasiswa yang tertarik dengan aplikasi ilmu material di arena militer.